Rabu, 01 Desember 2010

Mengapa Membangun Rumah ??(2)

Membangun Rumah vs Membeli Rumah Jadi
6 Kelebihan Yang Anda Dapatkan Dari Membangun Rumah daripada 
Membeli Rumah Jadi

     1. Lokasi Pilihan

Tidak seperti mobil, televisi, atau kapal yatch sekalipun, rumah yang anda beli memiliki kekurangan yang mendasar, yaitu tidak bisa dipindah-pindahkan,  kecuali anda membeli rumah portable.
Contoh Desain Villa
Pilihan Lokasi adalah salah satu dari tiga faktor penting dalam deal suatu transaksi property selain harga, dan kecocokan desain. Ketidakcocokan lokasi, -sesuai pengalaman kami di divisi agent property- sering menjadi penghambat suatu transaksi pembelian rumah. Seringkali sebuah rumah yang sudah cocok secara desain maupun harga, batal dibeli oleh klien karena lokasinya yang tidak pas dengan keinginan klien, misalnya jauh dari tempat kerja. Dalam hal ini, jika klien belum juga menemukan rumah yang pas di lokasi yang diminati maka, pilihan yang paling logis adalah membeli tanah di area yang anda sukai, dan lalu membuat desain kepada arsitek yang anda percayai, serta dengan pengerjaan oleh kontraktor yang profesional sehingga anda akan mendapatkan hunian yang nyaman dan indah di lokasi yang anda inginkan…


2. Anda dapat Mengecek Struktur, Plumbing dan Electricity-nya

Kelebihan lain yang anda dapatkan dari membangun rumah dibandingkan membeli rumah jadi adalah anda dapat mengecek keadaan struturnya sebelum rumah itu didirikan, selain juga electricity dan plumbingnya.
Misalnya untuk pembangunan rumah lantai dua, diharuskan menggunakan besi ulir 13, dengan beugel besi 8, kolom kolom besar menggunakan pondasi cakar ayam ( foot plat ) dengan ukuran 1 x 1 meter, dsb…
( Jika anda masih awam dengan struktur, plumbing dan electricity bangunan, anda bisa membaca artikel kami selanjutnya yang menjelaskan standar standar yang mesti anda tahu dari struktur, plumbing dan electricity rumah ). Saat anda membeli rumah sudah jadi, anda tidak akan tahu seperti apa standar pemasangan yang dipakai untuk rumah itu bukan?
  
3. Umur Bangunan

Jangan melupakan bahwa bangunan memiliki umur, bahkan tiap komponennya sendiri memiliki masa masa tenggang tertentu.
Saat anda memutuskan membeli rumah jadi, pastikan bahwa bangunan tersebut tidak terlalu tua untuk anda beli.
Umur bangunan terutama sekali berpengaruh pada bagian cat, plumbing, electricity, lapisan waterproofing, struktur atap ( terutama pada penggunaan kayu ), dan pintu plus jendela. 

4. Desain Sesuai Selera

Desain adalah ‘wajah’ bagi bangunan anda.
Desain yang indah berarti juga ’wajah rupawan’ bagi rumah anda..
Luas bangunan tidak menjamin sebuah bangunan menjadi indah, pada keindahan bangunan terdapat unsur ’balance’ dan ’ kesesuaian’, jika desain rumah anda tidak memiliki unsur tersebut maka keindahannya tidak akan muncul.

5. Kebutuhan Anda Berbeda Dengan Orang lain

Apakah anda memimpian kamar tidur dengan pemandangan view yang indah ala villa di Ubud ? kenapa tidak memasang lebih banyak bukaan dengan kaca bening di kamar anda...atau anda menyukai suasana bar ala bule di Sanur ? kenapa tidak mewujudkannya di rumah anda sendiri...
Seringkali kepuasan terbesar bagi orang yang membuat rumah adalah saat keinginan paling privat dalam diri mereka terwujud, bahkan jika keinginan itu ’nyeleneh’ sekalipun...
Peletakan kolam renang, gazebo, kamar meditasi atau ruang fitness bisa membuat perbedaan berarti pada hunian anda..

Oya, kadang kami juga mendapatkan order berupa renovasi ruang, boleh boleh saja anda berpikir bahwa saat anda membeli rumah jadi anda akan dengan mudah merenovnya menjadi rumah dengan ruangan yang anda inginkan,...tapi percayalah, bahwa itu tidak semudah yang anda bayangkan,...karena harus diingat bahwa kemunculan ruang baru akan selau terbentur dengan struktur masiv yang ada,..seperti kolom struktur, plumbing, atau malah tata letak ruang yang lain...

6. Harga Yang Bisa Dikendalikan

Ketika anda membeli rumah jadi, fokus anda adalah rumah yang sesuai budjet, mungkin saja ada rumah dilokasi yang cocok, dan desainnya bagus, namun jika harganya terlalu tinggi...itu tentu menyulitkan anda...
Dengan membangun rumah sendiri, anda bisa lebih ’cerdas’ dalam mengelola keuangan anda,..bisa saja dengan sistem pembangunan bertahap, atau dengan sistem kredit KPR dengan angsuran ringan. Bisa juga dengan memilih lokasi yang harga tanahnya relatif masih murah, untuk memperbesar dana pembangunan, dsb..
Disamping itu perlu dicatat bahwa, membangun rumah bisa jauh lebih murah daripada membeli rumah sudah jadi,..logikanya adalah, jika anda membeli rumah dari orang lain tentu harganya adalah harga pemborong + keuntungan penjualan kan..
Sedangkan jika anda membangun langsung, maka biaya yang anda keluarkan hanya untuk pemborong saja..
Sebagai contoh rumah kecil type 45 mungkin dihargai 300 juta di perumahan namun jika anda membangun sendiri maka harga tersebut cukup untuk membangun type 100 yang berlantai dua ..!
Investasi pada rumah tinggal adalah investasi dengan value terbesar untuk manusia dalam kategori pemenuhan kebutuhan, kami sadar sepenuhnya bahwa investasi rumah sekecil apapun tetap saja melibatkan uang yang banyak,..karena itu berhati hatilah dalam menginvestasikan uang anda untuk rumah supaya nanti mendapatkan hasil yang maksimal.. 

Demikian artikel Mengapa Membangun Rumah dari kami, semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda sekalian, selamat berakhir pekan :)
   
    (sumber: Emporio Architect)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar