Jumat, 10 Desember 2010

Tips Membuat Septic

Membuat Septic Tank Panjang Usia
Septic tank berkaitan erat dengan aktivitas biologis seluruh penghuni rumah. Agar tidak mudah penuh dan mampat, diperlukan rancangan yang tepat. Rancangan dan pemeliharaan yang tidak tepat, dapat membuat septic tank tidak berfungsi dengan baik.

Septic tank adalah sistem sanitasi yang terdiri dari pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara. Agar septic tank tidak mudah penuh dan mampat, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
Kemiringan pipa. Kemiringan menentukan lancar tidaknya proses pembuangan limbah. Selisih ketinggian kloset dan permukaan air bak penampung kotoran, sebaiknya sebesar mungkin. Agar mengalir lancar, kemiringan pipa minimal 2%, artinya setiap 100cm terdapat perbedaan ketinggian 2cm.

Pilih pipa saluran yang tepat. Pipa saluran sebaiknya berupa pipa PVC. Ukuran minimalnya adalah 4 inci. Rumah yang memiliki banyak toilet, sebaiknya menggunakan diameter pipa yang lebih besar. Buatlah saluran dengan lurus tanpa belokan, karena belokan atau sudut, rentan mampat.

Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan. Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga empat orang, cukup dibuat septic tank dengan ukuran 1,5mx1,5mx2m. Bak endapan dan sumur resapan bisa dibuat dengan ukuran 1mx1mx2m. Semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan.

Bak harus kuat dan kedap air. Dinding, dasar, dan penutup bak utama harus kedap air, agar limbah tidak mencemari lingkungan. Bak endapan dan resapan sebaiknya memiliki dasar berupa campuran kerikil dan pasir. Jones/Anissa

Cara Gampang Atasi Toilet Mampet
Jika saluran toilet di rumah Anda mampet, tak perlu bingung. Ambil saja kira-kira 1 kg garam dapur. Larutkan ke dalam satu ember air, lalu aduk hingga garam benar-benar tercampur air. Tuangkan larutan garam tersebut ke dalam toilet. Jangan gunakan toilet selama lebih kurang 5 jam. Setelah itu, siramkan air yang banyak dengan hentakan kuat. Niscaya, saluran toilet akan kembali lancar. (Dyah Retnaningsih, Bandung)

Waspadai Bubungan Atap Tetangga
Bisa saja sebuah rumah dibangun dengan perhitungan fengshui yang baik. Tetapi, karena tidak ada penelitian secara cermat terhadap lingkungan sekitar, kadang hal-hal yang merugikan masih terjadi. Bisa dibayangkan apabila sesudah rumah selesai dibangun, kemudian baru ditemukan saluran, jalan, atau sudut lancip rumah seberang yang langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar