Kamis, 24 September 2009

desain rumah mungil yang sehat

Dewasa ini pembangunan di berbagai bidang semakin maju, demikian juga di bidang properti, baik apartemen, rumah mewah, perkantoran dan lain-lain. Tidak kalah pentingnya pembangunan rumah-rumah mungil.

Makin bertambahnya penduduk maka kebutuhan akan rumah makin meningkat pula. Dari tahun ketahun harga rumah makin tinggi. Untuk itu banyak pengembang yang menawarkan tanah kavling atau rumah mungil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika anggaran untuk membeli/membuat rumah cuma sedikit, maka rumah mungil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan akan rumah tinggal. Pada kenyataannya untuk saat ini rumah mungil masih menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan masyarakat.

Menagartikan rumah mungil bukan berarti rumah kecil yang sumpek dan pengap, namun rumah mungil disini adalah rumah yang meskipun relatif kecil namun sehat, nyaman, imdah dan bersahabat dengan lingkungan. Rumah mungil yang dipasarkan biasanya bervariasi misal type 27, type 36, type 45 sampai type 80 dan lahan yang dipakai juga bervariasi misal 6x12, 6x15, 7x14, 8x15 dsb. Namun bagi yang memiliki lahan yang tidak sama dengan yang ditawarkan pengembang, bisa membuat desain yang kreatif sehingga rumah mungil yang dibuat bisa lebih berarti, berkarakter dan tampil sesuai dengan karakter pemiliknya.

Supaya menjadi rumah mungil yang sehat, usahakan ada ruang terbuka/taman didepan dan belakang supaya bisa terjadi ventilasi silang, dengan demikian udara yang mengalir di ruangan rumah mungil adalah udara yang bersih. Jangan banyak sekat kecuali memang diperlukan. Tiap-tiap ruang mendapat ventilasi yang cukup untuk mengoptimalkan masuknya udara dan cahaya matahari.

Rumah mungil bisa terlihat lapang diantaranya dengan memakai meubel yang secukupnya dengan penempatan yang tepat sehingga sirkulasi pengguna bisa lancar, pemakaian warna-warna yang ringan atau terang bisa memberikan kesan luas, bila perlu bisa dipakai cermin pada salah satu sisi.

Dihalaman rumah mungil diberi tanaman dan pohon yang rindang, berfungsi untuk filter udara dan sinar matahari, peneduh dan pemasok oksigen, juga membuat suasana terasa alami.

Untuk membuat rumah mungil tampil indah, tidak perlu harus mahal. cukup dengan membuat maju mundur bidang, pemakaian garis-garis yang proporsi dan penempatan batu alam yang yang sesuai serta penyelesaian yang bersih dan rapi. dan tidak kalah pentingnya pemilihan warna yang serasi sehingga rumah mungil kita tampil elegan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar