Jumat, 18 September 2009

desain rumah tinggal dua lantai di lahan sempit

Posting perdana kali ini, kami ingin menampilkan desain rumah tinggal dua lantai di lahan sempit. Makin padatnya jumlah penduduk, kebutuhan akan rumah tinggal juga semakin bertambah sedangkan harga tanah semakin naik. Untuk itu rumah dua lantai merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk memenuhi kebutuhan ruang. Contoh denah dan tampak dibawah ini bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi pengunjung blog ini.

Membuat rumah tinggal dua lantai salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah segi kesehatan dan kenyamanan, hal tersebut bisa didapat dengan cara antara lain :

  • Mengoptimalkan kebutuhan ruang terutama untuk mereka yang memiliki lahan sempit, sehingga ruang-ruang yang kurang penting dapat di hindari.

  • Membuat organisasi ruang yang tepat baik antar ruang di tiap lantai maupun antara lantai satu dan lantai2. bila perlu dibuat zoning antara ruang privat, ruang publik, semi publik dan ruang servis.

  • Perlu diperhatikan sirkulasi udara, cahaya dan pengguna rumah, hal ini berkaitan dengan arah hadap rumah atau orientasi rumah terhadap sinar matahari, serta pemenuhan akan udara segar. Bagi yang memiliki lahan luas bisa membuat bukaan atau taman serta penanaman pohon untuk pelindung dengan leluasa, namun untuk yang memiliki lahan sempit perlu berhati-hati dalam membuat bukaan atau taman. Untuk membuat sirkulasi pengguna bisa lancar dan nyaman, pemakaian meubel jangan terlalu berlebihan dan ukurannyapun yang secukupnya saja atau fungsional.

  • Untuk membuat suasana lega atau lapang, pemilihan warna sebaiknya yang cerah dan ringan, bila perlu pada salah satu sisi diberi cermin.

  • Untuk membuat suasana sejuk dan tenang jangan lupa pemilihan materi alami yang agak dominan pada salah satu ruang, sehingga memberikan nuansa alami.

Meskipun di lahan sempit tampilan rumah harus diolah sehingga tampak elegan. Dalam memilih gaya tampilan sebaiknya disesuaikan dengan karakter pengguna rumah tersebut supaya ada keseimbangan dan kesinambuangan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar