Sabtu, 27 November 2010

INFORMASI Type Bangunan : Rumah Tinggal Konsep Bangunan : Rumah Minimalis Lokasi : Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) Ukuran Tanah : 7 x 15 m (1 Kavling) Ukuran Bangunan : 166 m2 (2 lantai) Client/Owner : Bpk Septa Status : Desain, Perencanaan Perencana : SM Biro Bangunan NARASI Kali ini kami ingin menampilkan sebuah job desain rumah sekitar awal bulan Maret 2010 kemarin. Desain rumah ini adalah job dari Pak Septa, yang mendapat informasi tentang keberadaan SM Biro Bangunan dari Internet. Setelah mengontak kami via telepon, dilanjutkan dengan saling berkirim e-mail maka langkah berikutnya kami kerjakan desain bangunan rumahnya. Desain rumah ini berbasis tanah kavling yang memiliki ukuran standar (7 x 15 m) dengan lokasi di sekitar Bandara Juanda, Sidoarjo (Kebanyakan orang menganggap Bandara Juanda adalah di Surabaya padahal sebenarnya lokasi bandara tersebut adalah masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo, he..he..). Dengan begitu banyaknya kebutuhan ruang yang harus disediakan, alhasil penataan lay out ruangan pada bangunan rumah ini dibuat sebagai bangunan 2 lantai dengan luas total sekitar 166 meter persegi. Salah satu ciri khas dari desain rumah ini adalah kami ingin mengoptimalkan pencahayaan alami pada ruangan, sehingga jendela sengaja kami buat lebar-lebar. Ya, orang bilang bangunan mirip villa, yang biasanya memiliki jendela lebar-lebar supaya para peghuni bisa lebih leluasa mendapatkan view pemandangan alam yang indah. Kalau di dekat bandara Juanda, mungkin bangunan rumah dengan jendela lebar-lebar bisa merasakan sensasi tersendiri saat melihat pesawat hendak landing. Memang desain jendela ini terlebih bagus sih dan terkesan modern, namun kekurangannya adalah kusen dengan kaca-kaca lebar sebagaimana terlihat pada fasade rumah ini adalah mudah diterpa limpasan air hujan, terlebih bila hujan deras. Agar perawatan lebih mudah, maka untuk rumah ini kami sarankan supaya menggunakan kusen alumunium yang tahan cuaca daripada kusen kayu. Selain itu dengan menggunakan kusen alumunium maka bisa dibuat kedap air dengan pemberian silicon sealant pada kaca jendela. Desain atap carpot dibuat dari rangka besi dan policarbonat yang digantung pada pilar-pilar samping untuk menghindari kesan berat. Ya, kami berharap semoga pak Septa bisa nyaman dengan desain rumah ini. Anda juga berminat ? Diposkan oleh SM-Biro Bangunan di 04.13

INFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : 7 x 15 m (1 Kavling)
Ukuran Bangunan : 166 m2 (2 lantai)
Client/Owner : Bpk Septa
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan



NARASI

Kali ini kami ingin menampilkan sebuah job desain rumah sekitar awal bulan Maret 2010 kemarin. Desain rumah ini adalah job dari Pak Septa, yang mendapat informasi tentang keberadaan SM Biro Bangunan dari Internet. Setelah mengontak kami via telepon, dilanjutkan dengan saling berkirim e-mail maka langkah berikutnya kami kerjakan desain bangunan rumahnya.
Desain rumah ini berbasis tanah kavling yang memiliki ukuran standar (7 x 15 m) dengan lokasi di sekitar Bandara Juanda, Sidoarjo (Kebanyakan orang menganggap Bandara Juanda adalah di Surabaya padahal sebenarnya lokasi bandara tersebut adalah masuk wilayah Kabupaten Sidoarjo, he..he..).
Dengan begitu banyaknya kebutuhan ruang yang harus disediakan, alhasil penataan lay out ruangan pada bangunan rumah ini dibuat sebagai bangunan 2 lantai dengan luas total sekitar 166 meter persegi. Salah satu ciri khas dari desain rumah ini adalah kami ingin mengoptimalkan pencahayaan alami pada ruangan, sehingga jendela sengaja kami buat lebar-lebar. Ya, orang bilang bangunan mirip villa, yang biasanya memiliki jendela lebar-lebar supaya para peghuni bisa lebih leluasa mendapatkan view pemandangan alam yang indah. Kalau di dekat bandara Juanda, mungkin bangunan rumah dengan jendela lebar-lebar bisa merasakan sensasi tersendiri saat melihat pesawat hendak landing.
Memang desain jendela ini terlebih bagus sih dan terkesan modern, namun kekurangannya adalah kusen dengan kaca-kaca lebar sebagaimana terlihat pada fasade rumah ini adalah mudah diterpa limpasan air hujan, terlebih bila hujan deras. Agar perawatan lebih mudah, maka untuk rumah ini kami sarankan supaya menggunakan kusen alumunium yang tahan cuaca daripada kusen kayu. Selain itu dengan menggunakan kusen alumunium maka bisa dibuat kedap air dengan pemberian silicon sealant pada kaca jendela. Desain atap carpot dibuat dari rangka besi dan  policarbonat yang digantung pada pilar-pilar samping untuk menghindari kesan berat. Ya, kami berharap semoga pak Septa bisa nyaman dengan desain rumah ini. Anda juga berminat ?
NFORMASI
Type Bangunan : Rumah Tinggal
Konsep Bangunan : Rumah Minimalis
Lokasi : Mojokerto, Jawa Timur (Jatim)
Ukuran Tanah : 8 x 12 m (1 Kavling)
Ukuran Bangunan : 110 m2 (2 lantai)
Client/Owner : Bpk Hery
Status : Desain, Perencanaan
Perencana : SM Biro Bangunan




NARASI
Nah desain rumah ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan job desain dari Pak Hery pada akhir Februari 2010 kemarin, hanya saja ini adalah desain alternatif jika dibuat pengembangan rumah eksisting menjadi bangunan rumah 2 lantai.

Bangunan asli adalah sebuah rumah perumnas tipe 36 yang sudah dikembangkan oleh pemilik lama, dan sekarang diupayakan untuk dilakukan re-desain pada fasade dan tata ruang namun tetap mengoptimalkan struktur bangunan asli. Apakah anda juga berminat ?

Nah ini adalah foto bangunan eksisting :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar