Sabtu, 27 November 2010

Ini Dia, Rumah Termahal di Dunia

NEW DELHI–Miliarder India Mukesh Ambani mengadakan pesta selamatan rumah barunya yang memiliki 27 lantai dan diyakini sebagai rumah termahal di dunia. Sekitar 80 orang menghadiri pesta itu di Mumbai hari Jumat (26/11).

Surat kabar Times of India seperti dilansir bbc.co.uk, Sabtu (27/11), mengatakan, seorang tamu menyebut rumah itu sebagai ‘Taj Mahal dari abad 21′.

Ambani, yang diyakini sebagai orang terkaya di India, pindah ke rumah itu bulan lalu dengan istri dan tiga anaknya. Berbagai laporan menyebutkan rumah itu bernilai 1 miliar dolar AS.

Gedung tinggi di Mumbai, yang menjulang di tengah banyak daerah kumuh, dilaporkan berisi bioskop, beberapa kolam renang dan landasan helikopter, dan diberi nama “Antilia”, seperti nama sebuah pulau mitos di Samudera Atlantik.

Surat-surat kabar setempat mengatakan rumah itu memerlukan 600 orang untuk merawatnya dan menurut Times of India, rekening listrik pertama rumah itu untuk bulan September senilai 7 juta rupee (Rp 1,3 miliar).

Rumah itu memicu kontroversi karena para pegiat antikemiskinan menekankan adanya kesenjangan antara kemewahan rumah itu dan kehidupan masyarakat di daerah-daerah kumuh di sekitarnya di kota yang memiliki 18 juta penduduk tersebut.

Para tamu yang hadir dalam pesta itu termasuk penulis novel India Shobhaa De, bintang Bollywood Preity Zinta dan Aamir Khan, serta miliarder Kumar Mangalam Birla.

Rumah yang memiliki sebuah kuil di lantai dasar dan perpustakaan di lantai puncak itu dirancang menurut prinsip Vaastu, tradisi India yang mirip dengan tradisi Cina, feng shui.

Menurut Majalah Forbes, Ambani, 53 tahun, memiliki kekayaan 27 miliar dolar AS. Dia adalah direktur utama dan direktur pelaksana Reliance Industries, salah satu konglomerat terbesar di dunia. Dia juga pemilik tim cricket Liga Primer India, Mumbai Indians.

(sumber: www.jedadulu.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar