Kamis, 16 Desember 2010

10 Tips Membuat Design Rumah Anda

10 Tips Membuat Design Rumah Anda 

Jika anda telah memutuskan untuk membangun rumah, langkah terpenting setelah menemukan lahan adalah merancang hunian masa depan anda. tentunya bukan hal yang mudah sehingga diperlukan perencanaan yang matang untuk membuat design yang merefleksikan selera sekaligus sesuai kebutuhan dan anggaran. Berikut ini adalah 10 tips untuk membantu anda.


1. Tentukan type rumah anda. Pertama anda harus menentukan tipe rumah yang akan dibangun, karena design rumah sangat beragam. Jika anda telah menemukan design yang anda inginkan, buat daftar prioritas yang anda perlukan. Mungkin tidak semua kriteria bisa diimplementasikan, tetapi paling tidak anda bisa memilih manakah yang paling ideal sesuai keinginan anda. Misalkan anda menginginkan rumah tipe kecil, sedang, besar, villa, atau malah kos-kosan untuk investasi.
2. Buat List kriteria yang diperlukan. Mulailah dengan yang paling utama, yaitu jumlah kamar, kamar mandi, ruang keluarga, susunan ruang makan, teras, sampai ukuran garasi anda.
Setelah list utama ini selesai, lanjutkan perencanaan untuk ruangan. Anda bisa membuat list peralatan yang terpenting. Misalnya kitchen set, audio set, internet dan koneksi telepon, dan sebagainya. Yah asal ntar jangan kebanyakan maunya aja,liat tips no.4..hehe
3. Periksa Dulu Peraturan Daerah Setempat
Pada beberapa lokasi peraturan daerah ini dapat sangat mempengaruhi desain rumah anda secara keseluruhan. Tentunya pengetahuan mengenai peraturan ini dapat menghindari timbulnya masalah di kemudian hari. (daripada kena demo  mulu ntar,hehe..)
4.Cari Desain Yang Sesuai Kantong Anda ;)
Setelah menyelesaikan list kriteria, bandingkan dan sesuaikan dengan budget. Ini merupakan hal yang sulit terutama bagi yang baru membangun rumah untuk pertamakali.Jangan mengalokasikan terlalu banyak dana untuk rumah, ingat juga anda perlu furniture untuk rumah anda. Sebaiknya diskusikan dengan kami desain rumah yang sesuai untuk budget anda.
5. Sesuaikan dengan Lahan Anda
Ingatlah untuk selalu menyesuaikan desain rumah dengan karakteristik lahan anda. Hal ini berguna untuk perencanaan penataan bangunan dan taman, karena tiap lahan sifatnya unik.
6.  Optimalkan Efisiensi Ruangan
Saat membuat gambar perencanaan ruangan, pertimbangkan beberapa hal berikut:
  • Buat akses langsung dari garasi ke dapur
  • Tempatkan AC atau pemanas ruangan pada tengah-tengah ruangan, untuk menyeimbangkan suhu rumah anda
  • Kamar Tidur utama sebaiknya'tersembunyi' untuk alasan privasi dan mengurangi kebisingan
  • Pastikan lebar pintu, antar ruangan, dan tangga cukup untuk dilewati  furniture
7. Rencanakan Pengembangan di Masa Depan
Jika anda tidak mampu untuk membangun keseluruhan rumah idaman anda sekarang, rencanakan agar untuk melakukan pengembangan  di masa mendatang tidak hanya memungkinkan tapi juga mudah untuk dilakukan. Anda dapat melakukan pembangunan secara bertahap dan mendahulukan bagian rumah mana yang terpenting. Sebagai contoh anda dapat membangun rumah dengan type smarthouse(lt 1 terlebih dahulu). Kemudian anda dapat melakukan pembangunan upgrade lt 2 pada masa mendatang.
8.  Rancang Desain Interior Rumah Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan kertas ataupun home design software. Pertimbangkan juga bagaimana pencahayaan, warna dinding dan lantai di rumah anda. Selain itu  aktivitas yang biasa anda lakukan di rumah akan berpengaruh untuk perencanaan tata letak furniture, ruang keluarga, maupun ruang makan.
9. Jangan Anggap Remeh Cahaya Matahari yang Masuk ke Rumah Anda. Hal ini ditentukan rumah anda menghadap ke arah mana. Tempatkan jendela untuk mendapatkan banyak pencahayaan alami sehingga memungkinkan untuk penghematan energi. Dan jika anda menyukai sunrise atau sunset, anda dapat merancang tempat khusus bagi anda untuk menikmatinya :)
10. Percantik Segala Sisi Rumah Anda. Ingatlah bahwa penempatan jendela dan pintu berpengaruh terhadap tampilan dalam maupun luar rumah anda. Entah anda tinggal di sudut maupun di tengah-tengah perumahan, tampilan sisi rumah anda akan terlihat jelas. Buatlah rancangan tampilan luar dan dalam rumah anda, misalkan dengan mengatur landscape (taman, bunga) maupun secara arsitektur (misalkan tambahan hiasan pada teras) sehingga  anda bisa dengan bangga memperlihatkan rumah anda pada pengunjung.


Inilah beberapa tips bagaimana men-design rumah anda. Tentunya kami dari Emporio siap berkonsultasi dengan anda dalam pembuatan design rumah anda :)
    (Sumber: www.toptenreviews.com)

    Lihat Juga:
    • Ingin Melihat Desain Terbaru?? Lihat Disini
    • Ingin membuat kos-kosan? bisa lihat disini
    • Ingin melihat desain villa? lihat disini atau disini
    Kembali Keatas

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar