Jumat, 10 Desember 2010

Tips Halaman Sempit

Bila kita mempunyai halaman rumah yang sedikit/sempit, biasanya kita cenderung untuk membiarkannya apa adanya atau hanya mengisinya dengan pot-pot tanaman hias saja. Sebenarnya kita bisa merubah pandangan yang demikian dengan cara menata ulang sedemikian rupa agar halaman yang sempit tersebut bisa terlihat indah dan luas. Hal tersebut bisa kita wujudkan dengan menata halaman kita yang sempit tersebut dengan cara sbb :

1. Tata dahulu bentuk permukaan tanahnya dengan bentuk tatanan datar dan ada yang membukit. Pada bagian yang membukit usahakan tidak terlalu tinggi (kira-kira maksimal 50 cm tingginya)
2. Tutuplah sebagian besar tanah tersebut dengan rumput yang pendek dan tebal. Sisakan beberapa tempat atau deret yang tetap terbuka permukaannya untuk kita tanami dengan tanaman hias atau bunga.
3. Usahakan menanam tanaman hias atau bunga tersebut pada bagian sisi pinggir halaman kita. Untuk variasi atau jenis tanaman terserah selera kita masing-masing.
4. Untuk bagian tanah yang membukit, tanamilah dengan tanaman hias yang tidak begitu tinggi. Jadi intinya seluruh tananman hias yang kita tanam adalah tanaman hias dengan jenis yang tidak tinggi atau yang pendek-pendek saja. Kembali pada tanaman di bagian tanah yang membukit, bila tanaman tersebut tumbuh meninggi segerahlah kita pangkas ujung-ujungnya.
5. Bila kita berkeinginan untuk membuat kolam ikan, buatlah degan bentuk seperti benang yang menjuntai, jadi tidak berbentuk bulat atau lebar. Bentuklah dengan mengikuti alur batas pinggir halaman secara memanjang tetapi tetap mempunyai bentuk atau penampilan yang artistik/menarik.
6. Setelah taman kita telah terbentuk/jadi, maka taman kita di lahan sempit tersebut akan terlihat indah, bersih dan luas.
Semoga tips menata/merehab halaman sempit dirumah kita untuk menjadi taman yang indah dan enak dinikmati tersebut bisa bermanfaat bagi kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar