Senin, 10 Januari 2011

Desain Praktis Minimalis untuk Apartemen

Tinggal di apartemen sudah menjadi suatu kebutuhan, di samping sebagai tuntutan gaya hidup modern. Semua serba fungsional, praktis, dan minimalis.

Fenomena kehidupan ibu kota dengan kepadatan penduduk dan kemacetan yang luar biasa, ditambah lagi harga tanah yang makin tinggi, mendorong minat orang untuk tinggal di apartemen. Gaya hidup serba praktis dan modern pun mengiringi desain hunian apartemen.

Rancangan serba minimalis masih menjadi pilihan untuk mengatasi keterbatasan ruang. Salah satu properti yang mewujudkan konsep desain ini adalah show unit Seasons City Apartemen yang berlokasi di kompleks superblock Seasons City, Jakarta Barat.

Alvin Andronicus, General Manager Operational Seasons City, menuturkan bahwa tiga tower apartemen ini memiliki beberapa jenis hunian mulai dari unit apartemen satu kamar tidur seluas 27m2, dua kamar tidur seluas 42m2 dan 56m2, serta tiga kamar tidur seluas 74m2.

Unit hunian dengan luas terbatas disiasati dengan susunan ruangan menyatu tanpa dinding penyekat antara ruang duduk dan pantry. Ruang-ruang utama dilapis dinding cermin yang bersifat reflektif hingga memberi kesan leluasa ruang. Selain itu juga digunakan kaca bening sebagai penyekat ruangan, hingga menambah kesan lapang pada ruangan.

Tampil dominan warna putih mewarnai tatanan interior show unit ini. Dalam rancangan unit satu kamar tidur, ruangan ditata sangat simple dan praktis. Dalam ruangan yang mungil ini, ditempatkan sebuah perangkat tempat tidur di tengah-tengah ruangan, dilengkapi side table dan credensa di kanan-kirinya.

Sebuah hanging table sebagai penempatan televisi diletakkan berhadapan dengan tempat tidur. Penggunaan cermin dan kaca sebagai penutup dinding belakang tempat tidur dan penyekat ruangan terbukti memberi kesan luas dan lapang di ruangan ini. Pantry didesain dengan simple, kompak dan fungsional. Dalam warna senada dengan tema ruang keseluruhan, sudut pantry menjadi tempat yang menyenangkan saat sarapan atau sekedar minum kopi.

Senada dengan unit satu kamar tidur, desain dua unit kamar tidur juga tampil dalam dominan warna putih. Di ruang duduk, ditempatkan sofa panjang tiga dudukan yang nyaman, melengkapi saat santai berkumpul dengan keluarga. Sebagai aksen, beberapa bagian dindingnya dilapis marmer travertine, hingga terkesan mewah.

Penempatan kaca cermin sebagai panel dinding, merefleksikan keleluasaan ruang dan marmer travertine. Kamar tidur utama didesain lebih kalem dalam nuansa cokelat yang memberi kehangatan. Panel kayu cokelat melapis bidang dinding, dikombinasi dengan kaca cermin. Sementara itu untuk kamar anak, digunakan warna terang untuk memberi kesan “ringan”.

Secara keseluruhan, desain show unit apartemen ini memberi inspirasi tentang aplikasi furnitur dan interior yang praktis. Rancangan serba minimalis yang kompak, sesuai untuk mengatasi keterbatasan ruang unit apartemen.

(sumber: www.rumahku.rumahku-online.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar