Senin, 17 Januari 2011

Referensi Penghijauan Di Rumah Anda



Arsitektur Bangunan - Saat ini, semakin lama orang menyadari pentingnya penghijauan. Saygnya, lahan yg semula difungsikan sebagai daerah resapan air, mulai didominasi area perkerasan seperti lantai beton, LanTas Wanita di mana lagi ruang bagi kita untuk menanam pohon dan rumput? Jgn kehabisan ide, kuncinya ada pada kreativiTas Wanita demi lahan hijau yg mumpuni.

Memanfaatkan Lahan

Arsitektur Bangunan - Jika memang sama sekali tidak ada lahan yg bisa digunakan untuk membuat taman, manfaatkan lahan tak biasa seperti atap rumah. Nama populer taman seperti ini adalah roof garden, awalnya banyak digunakan gedung-gedung bertingkat dan seperti namanya, taman tidak lagi diletakkan di tanah (ground).

Rumah pun bisa memiliki roof garden. Malah saat ini, roof garden sudah mulai naik populariTas Wanitanya.

Bagian tengah atap rumah memang sudah kami persiapkan teras khusus untuk menyimpan pot tanaman,Bahkan bak tanaman yg permanen sudah dibuat sebelumnya dan sudah merupakan bagian dari arsitektur bangunan.

Hasilnya, taman di atap rumah turut menjadi bagian dari fasad rumah, bukan merupakan tempelan ataupun tambahan saja.

Cukup bak tanaman sepanjang 1 m dgn lebar 50 cm untuk menanam tanaman perdu. Atau manfaatkan atap rumah yg tidak menggunakan genteng alias teras pada atap rumah. Kemudian letakkan bak tanaman yg sudah jadi banyak dijual di kios-kios tanaman, lalu ditanami tanaman ataupun diletakkan pot-pot tanaman di dalamnya. Ringkas, bukan?

Siasat Pem­buang­­an Air

Persiapan lahan sematang ini semata-mata agar air pembuangan dapat teraTas Wanitai dgn baik. Apabila ingin menanam langsung pada bak tanaman, Anda harus mempersiapkan media tanamnya. Antara lain, ijuk (berguna menahan tanah agar tidak cepat turun), pasir kasar untuk menyerap air dan media tanah plus pupuk kandang jika ingin menanam langsung.

Pada bagian bawah bak tanaman buat lubang paralon untuk mengalirkan kelebihan air setelah disiram sehingga air tidak menggenang di dalam bak dan berakibat tanah menjadi lembap dan akar membusuk.

Usahakan aliran pipa paralon dapat mengalir lancar menuju ke saluran pembuangan pada atap rumah ataupun talang air yg biasanya terdapat pada pinggiran atap.

Apabila tanaman diletakkan di teras maka diharapkan posisinya dekat dgn saluran pembuangan yg langsung menuju pipa paralon menuju ke lantai bawah rumah.

Atur Tinggi Tanaman

Seringkali roof garden tidak terlihat secara menyeluruh oleh mata. Terkadang, hanya dapat dilihat pucuk ujung bagian aTas Wanita dari tanaman ataupun setengah tinggi tanaman. Menyiasatinya, pilihlah tanaman yg mempunyai tinggi lebih dari 50 cm, sehingga masih terlihat dari lantai 1 maupun dari kejauhan.

Apabila tanaman rendah, kurang dari 50 cm, akan sulit dinikmati keberadaanya, karena tidak terlihat. Lebih bagus lagi tanaman perdu yg berbunga sehingga pada pucuk-pucuk tanaman tersebut terlihat warna-warna bunganya dan elok dipandang.

Sebagai referensi, tanaman yg cocok untuk roof garden antara lain irish, bougenville, sansiviera, pucuk merah, adenium, hanjuang, beringin putih, pandan bali, tombak raja, dan beberapa jenis tanaman palem, dll.

Sumber: www.tabloidnova.com

Temukan Info Lain Seputar Arsitektur Banguanan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar