Kamis, 27 Januari 2011

Proyek Pengabdian Masyarakat 2010/2011

Setiap tahunnya, mata kuliah Struktur Konstruksi Bangunan (SKB) IV Arsitektur Universitas Brawijaya mengadakan proyek pengabdian masyarakat, di mana mahasiswa peserta matakuliah mengaplikasikan ilmu struktur konstruksi bangunan yang telah didapat. Kegiatan ini berupa proyek perancangan dan aplikasi model struktur dan konstruksi kayu beruparumah baca Aksara di Perumahan Purnawirawan Tentara, Jl. Negara 27 RW 18 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Malang
Proyek ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa memalui keterlibatan lapangan pada sebuah proyek, di mana pada keseluruhan proyek mahasiswa yang memegang tanggung jawab sepenuhnya. Pimpinan proyek ini disepakati  dipengang oleh Aditya Yuni Prasetya, mahasiswa angkatan 2008. Proyek ini dibagi menjadi beberapa divisi, seperti perancangan, pelaksanaan, pendanaan, humas, konsumsi, transportasi, dan dokumentasi. Setiap divisi dipegang oleh peserta  matakuliah SKB IV yang didominasi angkatan 2008.
Pada proyek ini, peserta SKB IV bekerja sama dengan Aksara, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pendidikan anak. Organisasi ini menyediakan fasilitas belajar gratis bagi anak-anak di sekitar. Selama ini kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di garasi rumah pendiri Aksara, Thantien. Karena keterbatasan itulah, dibutuhkan sebuah rumah baca untuk mewadahi kegiatan belajar tersebut.

Mengetahui keadaan ini, maka proyek pengabdian masyarakat SKB IV ini diputuskan bekerja sama dengan pihak Aksara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar