Jumat, 28 Januari 2011

Desain Rumah Baca Aksara‭ (‬1‭)

Pada proyek ini,‭ ‬desain rumah baca Aksara dikerjakan oleh Tim Perancangan yang diketuai oleh Cahyo Bagus Purnomo dan Effih Nuraeni‭ (‬bagian perhitungan anggaran biaya‭)‬.‭ ‬Tahap percangan ini cukup panjang,‭ ‬mengingat beberapa permasalahan yang harus dihadapi.‭ ‬Permasalahan tersebut antara lain kebutuhan ruang dan material rumah baca Aksara yang kadang berbenturan dengan estimasi timeline proyek‭ (‬-mengingat ini adalah proyek aplikasi mata kuliah yang memiliki waktu satu semester‭)‬,‭ ‬tujuan proyek sebagai aplikasi‭ ‬konstruksi kayu,‭ fakta bahwa ini adalah proyek pengabdian masyarakat yang juga perlu dipertanggungjawabkan keamanan strukturnya, ‬dan pendanaan‭ (‬-yang juga diusahakan sendiri oleh peserta mata kuliah‭)‬.

Dalam proses ini terjadi beberapa kali perubahan desain.‭ ‬Desain pertama mengekspos struktur atap bambu dan lantai dua yang terbuka.‭


Desain kedua lebih tertutup,‭ ‬dengan‭ ‬atap berbentuk kura-kura.‭

 Sementara desain terakhir tidak terlalu jauh berbeda dengan desain kedua,‭ ‬hanya saja dengan atap yang lebih sederhana berbentuk lasenar.


 Perubahan desain yang semakin sederhana ini lebih untuk menyesuaikan dengan kondisi pendanaan yang ada. dan target waktu proyek ini sebagai tugas mata kuliah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar