Jumat, 28 Januari 2011

Taman Untuk Rumah Minimalis



Rumah Minimalis - Keselarasan bisa berarti indah. Begitu pun bila diterapkan dalam hunian. Misalnya, dgn menyatukan konsep rumah minimalis dgn taman yg juga minimalis.

Penyatuan rumah dgn taman minimalis diyakini akan lebih memberi kesan harmonis dalam konsep arsitektur minimalis. Rumah minimalis memiliki bangunan yg simpel, sedikit ornamen, dan lebih menekankan pada fungsi ruang. Karena itu, taman yg diciptakan untuk menemani konsep rumah yg sedang digandrungi ini sebaiknya juga ditata secara minimalis.

Menurut arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Immanuel Purba, lebih baik taman yg dibangun untuk rumah minimalis disesuaikan dgn konsep rumahnya agar kesan keseluruhan bangunan lebih kuat dan kental karakter minimalisnya. Jika rumah minimalis dipadukan dgn taman non-minimalis, seperti dgn taman Mediteranian atau tropis, justru bakal mengaburkan konsep bangunan rumah itu sendiri.

Hal ini, Purba menyebutkan, sering dilakukan orang atau pemilik rumah lantaran ingin mengikuti tren. Misalkan, rumah memiliki konsep rumah minimalis, tapi karena taman tropis sedang tren, si empunya rumah lantas mengubah konsep taman yg sudah serasi dgn huniannya dgn cara mengikuti gaya taman tetangga atau saudara.

"Padahal, kalau antara bangunan rumah dan taman memiliki konsep yg sama, akan saling menguatkan. Taman minimalis akan lebih menguatkan konsep bangunan minimalis. Kalau dicampur-campur atau dikombinasikan dgn konsep yg tidak sepadan, kesan yg ditampilkan pun tidak akan maksimal," bebernya.

Biasanya,taman minimalis hanya menghadirkan tanaman dalam jenis yg terbatas. Minimal hanya satu jenis dan maksimal sekitar tiga jenis tanaman. Tanamannya pun cenderung yg sederhana dan tidak terlalu mencolok. Kendati demikian, karakter tanaman yg dipilih harus yg kuat menonjolkan kesan minimalis. Misalnya, rumput-rumput yg datar, tanaman perdu yg kecil, tanaman jenis alang-alangan yg lurus, atau tanaman berbunga mungil.

"Jangan pilih tanaman yg rimbun karena tanaman tersebut lebih cocok mengisi taman tropis. Begitu juga hindari peletakan tanaman yg banyak kelok atau lengkungannya karena jenis tanaman itu biasanya pengisi taman Mediteranian," ungkapnya. Warna bunga yg dipilih sebaiknya satu warna atau satu kelompok. Misalnya warna putih atau kuning yg merefleksikan kesan si minimalis.

Jika halaman Anda cukup luas, bisa menghadirkan kolam ikan yg tidak terlalu dalam di salah satu sudut taman. Kehadirannya dimaksudkan untuk memberi kesan segar dan dinamis dari air dan ikan, yg berpadu dgn keasrian tanaman untuk meminimalisasi kesan kaku pada bangunan rumah minimalis tersebut.

Ornamen lampu taman juga bisa turut mempercantik taman minimalis Anda. Namun, Purba menyarankan, ornamen lampu jangan terlalu ditampilkan secara mencolok. Misalnya dgn meletakkan atau menempelkannya di pagar rumah. "Lampu jangan berdiri sendiri. Sebaiknya harus menyatu dgn ornamen atau bidang lain. Pencahayaannya pun jangan terlampau terang, cukup memberikan efek pantulan saja," sarannya.

Sumber: lifestyle.okezone.com

Temukan Info Lain Seputar Rumah Minimalis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar