Rabu, 26 Januari 2011

Alat Tempur Wajib Seorang Desain Grafis




Desain Grafis - Bagi Anda yg berkecimpung di dunia desain grafis, Anda tentu tahu macam-macam software desain grafis yg ada. Anda pastinya juga sering menggunakan berbagai software ini.

Kelebihan dan kekurangan dari berbagai software ini juga tentu sudah bukan menjadi rahasia lagi bagi Anda. Tapi untuk mereka yg baru berkecimpung di dunia desain grafis atau yg ingin belajar desain grafis, informasi ini bisa menjadi salah satu acuan dalam memilih software yg sesuai.

Ada software desain grafis yg mudah digunakan dan ada juga yg agak sulit digunakan. Setiap software juga mempunyai kelebihan dan kecanggihannya masing-masing. Dan tentu setiap software memiliki kekuatan bidang desainnya sendiri-sendiri, misalnya untuk desain ruang interior, desain tiga dimensi, desain materi promosi (brosur, poster, dll) dan berbagai tujuan lainnya.

Software Desain Grafis

Ada macam-macam software desain grafis yg bisa Anda coba kelebihan dan kekurangannya. Biasanya software yg digunakan dalam desain grafis memiliki harga yg cukup mahal. Mencoba software trial ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk melihat kemampuan yg dimilikinya. Beberapa software desain grafis yg sering digunakan antara lain:

1. Adobe Photoshop

Software ini merupakan software pengolah gambar yg paling lengkap dan canggih. Kemampuan software ini dalam memperbaiki gambar dan foto sudah tak diragukan lagi.

Software ini menjadi salah satu software yg wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang desain grafis. Memang tidak mudah mempelajari dan menggunakan software ini, tetapi di internet terdapat berbagai tutorial yg bisa Anda gunakan. Terdapat tutorial untuk pemula sampai tutorial untuk tingkat mahir.

2. Coreldraw

Software ini banyak digunakan oleh para desain grafis untuk berbagai kebutuhan. Salah satu kebutuhan yg bisa dipenuhi oleh software ini adalah kebutuhan didalam bidang promosi. Software ini cocok untuk membuat desain brosur, poster, spanduk, dan desain lainnya. Hasilnya merupakan file dgn ekstensi cdr yg bisa juga Anda eksport ke format lain, seperti format gambar.

3. Adobe Freehand

Software desain ini sebenarnya dulu dimiliki oleh perusahaan Macromedia. Namun sejak tahun 2005, Macromedia dibeli oleh Adobe termasuk Freehand di dalamnya. Sejak itulah Freehand menjadi Adobe Freehand.

Ada macam-macam software yg dimiliki oleh Adobe, termasuk Ilustrator yg sangat mirip Freehand. Oleh karena itu, Freehand tidak mengalami banyak perkembangan saat diambil oleh Adobe.

4. Adobe Ilustrator

Seperti yg sudah saya paparkan di atas, Ilustrator adalah salah satu software yg menjadi andalan Adobe. Oleh karena itu, banyak versi software ini yg sudah dikeluarkan untuk melengkapi kemampuannya dalam desain grafis. Ada banyak peralatan desain yg ditanamkan dalam software ini. Untuk itulah diperlukan keuletan dalam mempelajari penggunaan software ini.

Sebenarnya macam-macam software itu mempunyai prinsip kerja yg sama. Semua tergantung dari kebiasaan Anda sebagai pengguna software tersebut.

Sumber: www.anneahira.com

Temukan Info Lain Seputar Desain Grafis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar