Rabu, 26 Januari 2011

Pentingnya Arsitek dalam Membangun Rumah




ARSITEK - Eksistensi seorang arsitek semakin terlihat dari pembuktian dunia arsitektur Iindonesia. Tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap peran seorang arsitek terhadap produk arsitektur baik residensial maupun bangunan umum sudah semakin besar. Terbukti dengan banyaknya bangunan yang makin bergaya dan namun tetap fungsional.

arsitek

Semuanya tak hanya diaplikasikan pada gedung-gedung komersial atau bangunan umum, namun juga pada rumah-rumah tinggal khususnya.

Tentunya hal ini merupakan kabar yang menggembirakan. Yang pertama untuk masyarakat dan para end user, karena mereka kini mulai sadar akan pentingnya sebuah harmonisasi desain terhadap rumah tinggalnya. Bberikutnya tentu bagi kalangan arsitek, bahwasanya kinerja mereka mulai terlihat dan diakui oleh masyarakat luas.

Seperti diakui Hher Pramtama, arsitek yang sekaligus menjabat sebagai ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta sejak 22 Desember 2009 ini.

“Dahulu profesi arsitek kurang begitu dikenal dimasyarakat, sehingga rekan-rekan kami akan sangat kesulitan kala mendedikasikan profesi mereka, terlebih bagi nama-nama baru, “ papar pria yang akrab disapa dengan Temmy ini.
“Tetapi itu dulu, kini perlahan-lahan masyarakat mulai sadar akan pentingnya peran arsitek terhadap harmonisasi bentuk rumah mereka,” lanjut Her Pramtama yang banyak disibukkan dengan berbagai proyek serta mengajar di almamaternya, Universitas Trisakti.

Hal ini terjadi akibat dari perjuangan rekan-rekan arsitek yang tak henti-hentinya berkarya dan mendedikasikan ilmu mereka kepada masyarakat, tentunya dalam aplikasi bangun ruang. Tak sampai disitu, berkat edukasi yang baik dan pengenalan profesi arsitek di sekolah-sekolah, kini masyarakat mulai mengenal luas sosok seorang arsitek.

Selanjutnya tinggal bagaimana arsitek mendekatkan diri dengan masyarakat, bisa melalui karya mereka ataupun servis dan jasa mereka yang berkualitas.

Sehingga perspektif masyarakat akan mahalnya menggunakan jasa arsitek bisa berubah. Bukan dengan menurunkan ‘harga jual’ tapi lebih ke terobosan-terobosan serta rekomendasi mereka terhadap klien, karena dengan adanya persaingan secara tak langsung akan mengasah kemampuan arsitektur mereka.

“Lagipula menggunakan jasa arsitek juga tak semahal yang dibayangkan, karena mereka yang memakai jasa kami (arsitek) tentunya tahu bahwa gedung atau rumah yang dibangun tak hanya untuk ditinggali hari ini dan esok, mungkin sampai dengan 30 tahun mendatang. Dan segala sesuatunya telah diperhitungkan dengan baik ketika Anda menggunakan jasa arsitek.” lanjut arsitek yang mendirikan konsultan arsitek, US&P Architects.

sumber:rumahku.rumahku-online.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar